Thursday, March 7, 2013

Dakwah Rasulullah Periode Mekah


 Substansi Dakwah Rasulullah Periode Mekah
1.   Substansi Dakwah Nabi Muhammad saw Periode Mekah
A. Ajaran-ajaran Tauhid (Keimanan)
1.    Mengajak masyarakat Arab untuk menyembah Allah swt dan meninggalkan berhala.
2.    Beriman kepada rasul.
3.    Beriman kepada hari akhir.
B.   Ajaran-ajaran Akhlak
1.    Mengajak manusia selalu berbuat baik dan menghindari perbuatan yang buruk dan dosa
2.    Mengajak manusia untuk saling mengasihi, berbuat baik, dan tolong menolong
3.    manusia dilarang membunuh, mencuri, berdusta, serta menganiaya
4.    Mengajak untuk mengasihi fakir miskin dan yatim piatu.

Rasulullah SAW. Berdakwah dengan adanya tujuan yaitu agar masyarakat Arab minggalkan sifat jahiliahnya terutama dalam bidang agama, moral, dan hukum, sehingga menjadi umat yang meyakini kebenaran nabi Muhammad SAW.sebagai rasul dan ajaran Islam yang telah disampaikan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

HIKMAH SEJARAH DAKWAH PERIODE MEKAH
Hikmah yang dapat diperoleh dari sejarah dakwah Rasulullah pada periode Mekah, antara lain sebagai berikut :
1.    Menyadari bahwa dalam berjuang menegakkan agama Allah harus dengan kesabaran dan kegigihan, maka akan mendapat pertolongan dari Allah swt.
2.    Memahami bahwa tugas seseorang rasul hanya menyampaikan wahyu dari Allah swt.rasul tidak dapat memberi petunjuk atau hidayah
3.    Memahami bahwa Allah swt. pasti akan menguji seseorang yang akan terpilih menjadi utusan atau rasul-Nya (QS Al Hajj: 75 dan Al Baqarah: 214).
4.    Memahami bahwa Nabi Muhammad saw. sangat bijaksana, pandai menggunakan kesempatan yang berharga, dapat menarik perhatian orang tanpa menimbulkan kebosanan (QS An Nahl: 125).
5.    Meneladani Nabi Muhammad saw. yang bergelar uswatun hasanah. Artinya, tingkah laku dan amal perbuatan rasulullah saw. dalam kehidupan sehari-hari menjadi teladan yang baik, terutama dalam berdakwah
6.    Melalui dakwah Rasulullah saw, umat manusia, khususnya umat Islam mendapatkan informasi mengenai agama yang diridai Allah.
7.    Melalui dakwah Rasulullah saw. Islam memberikan pemahaman tentang hak dan persamaan derajat antara kaum perempuan dan laki-laki.
8.    Ajaran Islam menegakkan bahwa tidak ada perbedaan antara umat manusia dan menghilangkan perbudakan.
9.    Dengan dihilangkannya status perbudakan, maka umat manusia mengerti bahwa mereka semua itu sama di mata Allah swt.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment